Ngecilin Anu

Dimana-mana yang dicari memperbesar dan memperpanjang, ini kok malah mengecilkan? Iya bos… soalnya ini yang mau dikecilin ukuran file gambar, bukan yang biasa di iklan-iklan itu…. :)

ngecilin gambar anu

Figure 1: ngecilin gambar anu

Ini berawal dari seringnya generate gambar dari AI untuk dipasang di blog, dan ngelihat ukurannya ngeri sendiri, minimal 1 MB. Karena blog ini menggunakan platform blogger, otomatis kapasitas penyimpanan terbatas 15 GB, dan ini udah hampir penuh. Maka untuk menghemat, ini saya coba kecilin gambar punya saya ini.

Berhubung saya pake Linux (Ubuntu)1, ada beberapa rekomendasi tools yang bisa dipakai untuk kecilin si anu tadi.

Pada dasarnya, ada 2 cara mengecilkan gambar, yang pertama mengecilkan file size (resolusi tetap) atau mengecilkan resolusi. Mari kita coba tes.

1 Tools

1.1 pngquant2

Ini adalah tool kompresi untuk file PNG. Lumayan, turun banyak, dari yang semula 1,6 MB bisa jadi tinggal 500 kB. Mengecil 30% dari ukuran semula. Cara pakainya tinggal perintah

pngquant anumu.png

Kalau mau lebih mampat lagi, bisa gunakan parameter --quality

pngquant --quality=30 anune.png

parameter quality ini merujuk pada persentase sejauh mana kualitas yang kita inginkan, semakin tinggi nilainya semakin besar ukuran filenya, dan sebaliknya.

Kalau untuk file png no comment ya… secara udah lumayan banget ini hasilnya. Sekarang mari kita lanjut untuk file jpg.

1.2 jpegoptim3

Untuk file jpg, bisa menggunakan tool jpegoptim, secara default tidak bisa mengecil banyak (tanpa parameter khusus), cuma 5% dari ukuran semula. Cara ngecilinnya:

jpegoptim anunya.jpg

Sekarang mari kita coba cara dengan menggunakan parameter --size, untuk mengubah dari ukuran semula ke ukuran yang kita inginkan. Note, ukuran (filesize) foto awalnya 4,5 MB4, mari kita jadikan 1 MB dengan perintah berikut:

jpegoptim --size=1000k anuku.jpg

dan hasilnya tidak terlalu mengecewakan, gambar masih bagus, tidak pecah, ukuran sekarang tinggal 1 MB. Saya coba lagi ke ukuran 500k masih bagus.

1.3 imagemagick

Tools selanjutnya yang akan kita coba adalah convert dari imagemagick, pastikan sudah terinstall5

sudo apt install imagemagick

Mari kita perkecil resolusi image dari 3000x2000 menjadi width 800 (height mengikuti)

convert anune.jpg -resize 800 anune.800.jpg

Gambar jadi blurry banget, sama-sama berukuran 500 kB, tapi hasilnya jauh di bawah jpegoptim.

Tips:

Kalau mau resize secara paksa, width dan height sesuai yang kita inginkan, tambahkan tanda ! di setelah ukuran yang kita inginkan, tapi rasio nanti jadi aneh, kecuali gambar awal kita memang sudah kotak (1:1) sebelumnya.

convert anune.jpg -resize 800x800! anune.800.800.jpg

2 Data Before After

Tools Before After Resolusi
convert 4,5 MB 517,2 kB 800x533
jpegoptim 4,5 MB 505 kB 3000x2000

3 Online Tools

Bagaimana dengan tools kompresi online? Sempat nyoba dengan bahan foto yang sama di 3 penyedia layanan pengecil online. Dari ketiga penyedia jasa layanan kompresi, hasil yang didapat kurang lebih berkisar 800-1000 kB. Metode kompresi juga sama dengan jpegoptim, resolusi tetap, tapi filesize yang dikecilkan.

4 Kesimpulan

Untuk file jpeg, jpegoptim masih lebih bagus hasilnya jika dibandingkan dengan convert, setidaknya itu hasil dari eksperimen kecil ini. Mending ngecilin filesize daripada ngecilin resolusi.

Maafkan tidak ada gambar before after nya, karena space di blogger udah mefet…

Selain ngecilin, ternyata ada juga alat buat mbesarin, ndak sengaja nemu pas Googling. Klaimnya sih pake teknologi AI juga, silakan kalau mau coba... Kapan-kapan mungkin akan saya coba sekalian buatkan artikelnya.

https://bigjpg.com/

Terakhir diperbarui: 2023-10-11 Rab 21:55 by kholidfu.