Mengenal Semantic SEO

ilustrasi semantic SEO

Figure 1: robot membaca buku

1 Apa itu Semantic SEO

Semantic SEO adalah pendekatan dalam proses optimasi mesin pencari (SEO) yang berfokus pada pemahaman konten secara menyeluruh dan relevansi makna kata-kata, bukan hanya pada kata kunci spesifik yang dimasukkan oleh pengguna dalam pencarian. Dalam Semantic SEO, mesin pencari tidak hanya mempertimbangkan kata kunci itu sendiri, tetapi juga konteks dan makna di balik kata-kata tersebut. Ini mencakup memahami niat pengguna, memahami pertanyaan yang mungkin terkandung dalam pencarian, dan menghadirkan jawaban yang paling relevan dan berguna kepada pengguna.

2 Contoh Semantic SEO

Salah satu artikel saya yang berjudul "cara ngecilin anu" ini memang sengaja dibuat untuk melihat seperti apa Google membaca konteks dalam artikel tersebut. Kalau dilihat dari judul saja, orang mungkin berpikir anu yang dimaksud adalah anu yang itu, padahal kalau baca secara menyeluruh konteks artikel itu adalah tentang image compression.

Contoh lain adalah kata LaTeX, makna pertama adalah bahasa markup untuk pembuatan dokumen, makna yang kedua adalah bahan baku fashion yang terbuat dari karet (rubber). Mesin pencari harus bisa membedakan makna apa yang dimaksud oleh pencari ketika sedang melakukan penelusuran di internet.

3 Manfaat Semantic SEO

Identifikasi keyword semantic penting dilakukan untuk menggali lebih dalam kata kunci tersembunyi yang kadang bahkan tidak disadari oleh pelaku SEO itu sendiri.

4 Tools untuk Mencari Semantic Keyword

Salah satu tools gratis yang bisa kita pakai adalah Google Search Console (GSC), di bagian kueri, silakan dilihat, kadang ada yang nyelip keyword semantic di antara keyword-keyword lain. Gali dan optimasi!

5 Referensi lebih lanjut

Terakhir diperbarui: 2023-10-11 Rab 21:54 by kholidfu.