H1 Lebih dari Satu? Boleh?

Jawaban singkatnya adalah BOLEH. Baca lebih lanjut untuk mengetahui detailnya.

efek seo jika h1 lebih dari satu

Figure 1: motor seo

Mode Org dalam Emacs, by default, men-generate H1 setiap kali kita lakukan export dokumen ke HTML. Sementara, platform blog seperti halnya blogger maupun wordpress, sudah mempunyai form input untuk H1 ini. Karena ini sudah bawaan Org Mode, akhirnya sebelum post ke blogger, saya hapus dulu H1 tag yang ada di file HTML nya, kemudian baru saya post.

Asumsi saya, karena double H1 itu tidak boleh, alias tidak baik untuk SEO. Barusan, iseng nyari informasi di Google, dan nemu artikel dari SEJ1, tentang H1 ini. Tulisan dibuat tahun 2021 kemarin, artinya ini masih fresh. Saya baca dari awal sampai dan akhirnya bisa disimpulkan bahwa penggunaan H1 lebih dari satu kali dalam sebuah halaman adalah TIDAK MASALAH.

Dan hal ini langsung disampaikan oleh John Meuller:

You can use H1 tags as often as you want on a page. There’s no limit, neither upper or lower bound. Your site is going to rank perfectly fine with no H1 tags or with five H1 tags.

       —John Mueller

Lebih lanjut Mueller mengatakan bahwa tidak ada kekhususan dalam hal H1 buat mesin telusur seperti Google. Mau dalam halaman ada satu atau sepuluh, Google tidak menghiraukan itu. Yang Google baca dari sebuah halaman adalah isi halaman tersebut. Tidak seperti metode SEO tahun 2000-an, yang mana kala itu Google lebih memprioritaskan judul (H1) sebuah halaman daripada isi dari halaman itu sendiri.

Clear sudah, berarti, Org mode tidak salah, kalau misal pun hasil generate-an dari Org mode kita copy paste utuh, yang artinya dalam satu halaman jadi ada dua H1, tetap tidak masalah.

Terakhir diperbarui: 2023-10-11 Rab 21:48 by kholidfu.