5 Strategi SEO Utama yang Akan Mendominasi 2025

5 strategi SEO di tahun 2025

Figure 1: meja kursi SEO

Memprediksi strategi SEO spesifik yang akan mendominasi pada tahun 2025 merupakan tantangan tersendiri karena sifat yang terus berubah dari algoritma mesin telusur dan tren pemasaran digital. Namun, berdasarkan tren industri saat ini, berikut adalah lima strategi SEO dasar yang kemungkinan akan sangat penting pada tahun 2025:

1 Optimalisasi UX (UX SEO)

Google dan mesin telusur lain semakin memprioritaskan website yang memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang baik. Pada 2025, faktor user experience ini akan semakin penting. User experience ini meliputi, fast loading times, navigasi yang mudah, konten yang berkualitas dan relevan. Desain website yang mengutamakan pengguna dan kemudahan interaksinya menjadi faktor penting dalam meraih rangking yang tinggi di mesin pencari.

2 Konten Berkualitas dan Semantic SEO

Konten yang berkualitas, relevan dan memiliki otoritas tetap akan menjadi penentu dalam SEO. Membuat konten yang dapat menjawab kebutuhan pengguna dan memberikan jawaban yang komprehensif merupakan ciri konten yang berkualitas. Lebih lanjut, fokus pada semantic SEO, dengan cara memahami konteks dan makna dari kalimat juga akan membantu mesin telusur dalam memahami sejauh mana konten yang dibuat itu relevan atau tidak. Ini akan berpengaruh terhadap posisi web di hasil pencarian mesin telusur.1

Contoh dari semantic SEO misalnya kata kaktus belimbing, mesin harus paham bahwa yang diinginkan adalah tanaman kaktus (jenis) belimbing, bukan kaktus dan belimbing. Atau, misalnya python, bukan ular yang dicari tapi bahasa pemrograman.

3 AI dan Integrasi Machine Learning

Seperti sudah kita rasakan sekarang, penggunaan AI dan machine learning, memudahkan orang dalam menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari, termasuk juga kaitannya dengan SEO, misalnya dengan content creation, AI dapat membantu pemilik website dalam membuat outline terkait dengan strategi konten mereka. Semua yang sekarang sedang concern dengan dunia SEO, wajib untuk selalu meng-update pengetahuan tentang AI dan machine learning ini, supaya dapat diambil manfaat positifnya.

Semakin canggih AI dan machine learning maka semakin pintar mesin memahami maksud manusia, ini berarti, semakin terbuka peluang web Anda ditemukan oleh mesin telusur, lebih lanjut Anda dapat lebih mudah menjangkau target audience.

4 Pencarian berbasis Suara (Voice Search) dan Optimalisasi Featured Snippets

Dengan berkembangnya perangkat yang bisa dikendalikan dengan suara dan asisten virtual, manusia pasti akan lebih memilih menggunakan suara untuk pencarian mereka, karena lebih efektif dan efisien. Seiring dengan berkembangnya AI dan machine learning, mesin telusur akan lebih mudah memahami bahasa suara manusia, sehingga diharapkan dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan konteks dan maksud dari manusia.

Untuk itu, tantangan SEO ke depan adalah bagaimana dapat mengoptimalkan kata kunci yang berbasis natural language.

Selain itu, untuk menambah kepahaman mesin terhadap maksud manusia, penyematan rich snippet di setiap artikel juga menjadi penting, agar mesin tidak gagal paham.

5 Technical SEO dan Core Web Vitals

Faktor SEO teknikal dasar, seperti keamanan situs web, responsivitas mobile, dan kecepatan halaman, akan terus menjadi faktor peringkat yang penting. Core Web Vitals dari Google, yang berfokus pada aspek pengalaman pengguna seperti kinerja loading, interaktivitas, dan stabilitas visual, akan memainkan peran yang signifikan. Mengoptimalkan situs web Anda agar memenuhi standar Core Web Vitals ini akan menjadi hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan peringkat yang baik pada tahun 2025.

Dari 5 poin di atas, poin 2, 3, dan 4 merujuk pada satu tema besar, yakni optimalisasi penggunaan bahasa manusia yang natural dalam setiap konten yang kita sajikan. Harapannya, dengan semakin berkembangnya teknologi AI dan machine learning, hal yang dulunya mesin gagal paham sekarang menjadi paham, sehingga peluang konten kita untuk ditemukan di mesin telusur akan semakin terbuka lebar.

Terakhir, selalu memantau perkembangan terbaru dari dunia SEO tentu juga sudah menjadi keharusan.

Footnotes:

Terakhir diperbarui: 2023-10-03 Sel 21:36 by kholidfu.