Menyaksikan Keseruan Yogyakomtek 2023

Yogyakomtek 2023, ajang pameran komputer yang diklaim sebagai terbesar di wilayah DIY dan Jateng tahun ini resmi digelar. Dibuka Sabtu, tanggal 23 September 2023 kemarin, baru hari ini (Minggu, 24 September 2023), saya berkesempatan untuk datang dan melihat sendiri. 

pintu masuk pameran yogyakomtek 2023
pintu masuk pameran yogyakomtek 2023

Saya sudah termasuk lama tidak nonton pameran komputer seperti ini, dan selama ini update tentang gadget dan teknologi komputer ya melalui online aja, termasuk belanjanya juga via online. Tujuan saya datang ke pameran ini, pertama nostalgia (heheh), dan yang kedua pingin melihat sejauh mana daya tarik pameran offline seperti ini, mengingat sekarang ini sudah jamannya serba online, mau update harga, tinggal buka marketplace, mau tak review produk terbaru, tinggal baca review atau buka youtube.

Harapan saya, dari pameran ini saya bisa dapat sesuatu yang baru, terutama pengalaman fisik secara langsung, yang tidak bisa kita dapatkan dari online.

Suasana Pameran

Seperti biasa, ajang tahunan ini mengambil tempat di JEC (Jogja Expo Center). Sengaja datang sekitar jam 10.00, takutnya kalau terlalu rame, apalagi hari ini Minggu, takut penonton membludak, malah jadi kurang nyaman. Setiba di sana, suasana belum terlihat padat (rame saja tapi tidak sampai padat), apa mungkin karena masih pagi.

Mendekati pintu masuk, kami sudah disambut petugas tiket untuk membeli tiket terlebih dahulu, dan cara belinya ternyata cukup unik, yakni dengan scan barcode, masukkan nomor handphone (untuk ikut undian), dan kemudian membayar tiket seperti biasa.

Tapi berhubung saya agak parno dengan nomor handphone, saya akhirnya tanya ke petugas, bisa ndak beli tiket manual aja, tidak usah memasukkan nomor handphone dan scan barcode? Ternyata bisa, dan akhirnya saya berhasil masuk tanpa input nomor hp, tapi ya otomatis ndak bisa ikut undian... hehehehe... gakpapa lah...  

Baca juga: Kasus Pelanggaran Privasi Data

foto tiket yogyakomtek 2023 dan hadiah mainan naga 3d printing
tiket yogyakomtek 2023

Sampai di dalam, sudah banyak stand dengan penjaga-penjaganya yang ramah menawarkan produk atau jasa yang mereka jual. Seperti biasa, pameran ini dipenuhi dengan berbagai stand, mulai dari stand laptop bekas, laptop baru, sepeda (motor) listrik, peripheral komputer, gadget, arena kompetisi game online, vendor CCTV dan beberapa stand lain.

nyobain demo game racing di yogyakomtek 2023
nyobain game racing - yogyakomtek 2023

Saya juga sempat mencoba memainkan games di beberapa stand yang memang menawarkan komputer gaming untuk demo, di antaranya game fighting (Tekken), dan game racing. Salah satu yang menarik adalah stand printer 3 dimensi, yang kebetulan bisa demo langsung, biasanya cuma lihat dari Youtube saja. Kebetulan saya nontonnya bareng anak saya, dan sepulang dari stand ini dikasih mainan hasil dari printer 3D. Anak saya happy banget...

Kesan Pribadi

Sekali lagi, apa yang ada dalam bayangan saya bahwa pameran komputer ini akan penuh sesak dengan penonton ternyata tidak terlihat, entah kalau hari sudah agak siang. Tapi sampai saya pulang sekitar jam 11:30, tidak terlihat ada lonjakan pengunjung.

Hal ini membuat saya berpikir bahwa bisa jadi antusiasme pengunjung tidak seperti dulu, sekitar 10 tahun yang lalu, di mana gambaran tentang kemajuan teknologi ya bisa didapat dari salah satunya event pameran komputer seperti ini.

Namun sekarang beda ceritanya, zaman ketika semua sudah dalam genggaman. Tidak usah nunggu event tahunan, hari ini launching, hari ini juga disiarkan secara langsung dan semua orang bisa dengan mudah mengaksesnya.

Sekali lagi semoga saya salah, semoga memang pengunjung belum banyak karena hari masih terhitung pagi. Yang jelas, event seperti ini tetap penting untuk diadakan karena pengalaman langsung secara fisik dengan online itu pasti beda cerita dan beda rasanya.

Terima Kasih


brosur yogyakomtek 2023
segepok brosur dari yogyakomtek 2023

Kepada panitia Yogyakomtek 2023 dan seluruh peserta pameran, semangat terus, hadirkan selalu inovasi dan kreativitas untuk acara di tahun-tahun yang akan datang, semakin sukses dan semakin ramai...

Dan berikut ini beberapa foto yang sempat diambil pas pameran

suasana stand yogyakomtek 2023
suasana stand yogyakomtek 2023

suasana stand yogyakomtek 2023
suasana stand yogyakomtek 2023

suasana antrian pintu masuk yogyakomtek 2023
suasana antrian pintu masuk yogyakomtek 2023